Fasilitasi dan Peningkatan Sarana Perikanan Bagi Nelayan dan Bumdes

 

Silawan.desa.id. Bertempat di Aula kantor Desa Silawan beberapa waktu lalu, Dinas Perikanan kabupaten Belu yang Membidangi Pemasaran dan Tempat pelelangan Ikan (TPI) Melakukan kegiatan Sosialisasi dengan para Nelayan Tradisionil yang berada di Dusun Mota’ain Desa Silawan.

Dalam Agenda kegiatan kali ini Ibu Margaretha Niis Selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran & Pelelangan Ikan Kabupaten Belu menyampaikan akan pentingnya Harga Ikan bagi kaum nelayan yang hasil tangkapannya tidak menentu di karenakan musim dan peralatan yg masih tradisional seperti yang terjadi sekarang.

Dengan inisiatif Pemerintah Daerah dalam menghidupkan kembali TPI yang selama ini tidak terpakai yang berlokasi di Desa Jenilu Kec.Kakuluk Mesak, Ibu Margaretha mengajak Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Silawan yang bertetangga langsung dengan desa jenilu untuk bisa saling beroordinasi dalam pembelian dan memasarkan demi menunjang Ekonomi nelayan tradisionil yang selama ini mengikuti harga yang di atur Oleh Tangkulak (papalele).

Dalam kesempatan yang sama beliau menghimbau akan pentingnya Ekonomi Usaha Desa untuk segera menyikapi ini. Fasilitas sudah ada,tinggal kerja tandas ibu Etha. Supaya jangan ada ketimpangan Ekonomi antara Nelayan dan Papalele, jangan cuma papalele saja yang Kaya kita nelayan juga bisa asal ada kemauan dan kerja keras bersama.

Dinas Perikanan siap mendampingi Bumdes dalam pelaksanaan Teknis lapangan dan target kegiatan Fasilitasi ini di harapkan untuk segera terealisasi minimal tahun depan sudah harus di laksanakan tuturnya. Kami akan melakukan pendekatan kepada kades dan Bumdes dari desa tetangga lainnya yaitu Kenebibi dan Dualaus demi peningktan taraf ekonomi nelayan dan mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di Desa.

 

Foto/Berita, Robert Suri

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan