Potensi Embung Desa dalam menunjang Perekonomian Warga

Dalam pengembangan dan  peningkatan  Sumber daya Alam Desa juga  sumber daya manusia, Terlebih pada sektor pertanian, Pemerintah Desa Silawan melakukan kiat aktif dalam perencanaan Mulai dari Musyawarah Dusun (Musdus) menggali gagasan masalah potensi yang ada pada Desa demi peningkatan taraf hidup masyarakat  Desa itu sendiri, Dengan memanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) 2016/2017 Pemerintah Desa melakukan  Pembangunan Fisik  dengan membangun 2 (Dua) buah Embung yang terletak di desa silawan yang masing-masing Berada di Dusun Nanaeklot dan Dusun Webenahi yang terletak di Desa Silawan.

 

Dengan memberdayakan lahan tidur yang ada di Desa Silawan, petani yang awalnya cuma berharap pada musim hujan saja bisa melakukan cocok tanam tidak cuma di musim hujan saja, tapi dapat juga melakukannya di Musim Semi atau Musim panas dari resapan Air dari embung yang ada. Pemerintah berharap dari hasil embung yang ada ini akan mampu menghasilkan pendapatan lebih dari hasil panen yang lumayan dalam menghidupi keluarga dari hasil tanam resapan air pada embung yang ada di sekitar tanah warga.

Asumsi dari adanya embung dan ketersediaan air ini diharapakan petani Desa Silawan yang Hidup di iklim Panas ekstrim berkepanjang yang awalnya menanam satu kali dalam satu Tahun, bisa menjadi 2-3 kali  pertahun tanam. Selain kegunaan untuk bertani, Aspek lain dari embung ini bisa digunakan untuk memberi minum Ternak Sapi dan Kambing Milik Warga Desa Silawan.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan