Fenomena Alam yang Mematikan Ekonomi Masyarakat

picture.jpg

(Silawan.Desa.Id) Buruknya curah Hujan di Kabupaten Belu Kec. Tasifeto Timur, Desa Silawan hingga saat ini Mengalami Dampak yang sangat Buruk Bagi warga Desa Silawan ini sendri terutama masyarakat Petani juga Peternak yang selalu menggantungkan hidupnya pada alam sekitar dengan tumbuh-tumbuhan liar ditanaman perkebunan demi kelangsungan hidup sehari-hari .

Hal ini dapat terlihat dari Debit air yang sangat Rendah dalam 2 tahun terahir dengan keringnya Sumur Warga dan sumber Air Sumur Bor juga Perpipaan PDAM, baik itu  untuk di Konsumsi dalam Rumah tangga juga bagi lahan Pertanian seperti Tanaman Sayuran dan Buah-buahan hingga berujung pada pengembangbiakan Ternak seperti Produksi Ayam Potong & petelur juga Sapi dan Kambing dengan Rerumputan yang telah mengering, Daun yang kian berguguran juga Mati sehinggga berdampak  pada Meningkatnya Kematian pada Ternak peliharaan warga

Dari Fenomena Alam yang terjadi saat ini Masyarakat berharap penuh pada Pemerintah setempat, baik itu pemerintah Desa, Kabupaten dan Pemerintah Pusat berupa Alternatif kepada warga Desa Silawan dalam memberikan Inspirasi Positif mengenai pelatihan kreatifitas Warga dalam menanggulangi dampak kekeringan ini agar tetap bertahan dengan kreativitas Ekonomi lain yang akan dijalani sembari menunggu hujan.

Maka Untuk langakah Penanganan Awal dari Ekstremenya cuaca yang kami alami, Yaaa.. Kita Beli Tangki Air Bersih agar bisa digunakan Warga Tandas Ferdy M Bili Kades Silawan.
Langkah yang dilakukan Oleh Pihak Pemerintah Desa Silawan ini sendiri diharapkan Masyarakat dapat terbantu dengan air yang di Beli dan di Simpan Pada bak penampungan untuk dapat dikonsumsi dengan sebagaimna mestinya.

Jpeg
Warga Mengantri untuk mendapatkan Air dengan menggunakan Jergen dan Gerobak Pengangkut Air.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Robert Suri)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan