Unit Kreativitas Ibu-Ibu PKK Desa Silawan

Bertempat Balai desa Silawan, Senin (5/10/15) Ibu-ibu kelmpok PKK Silawan tampak antusias dan bergotong royong membersihkan Bahan mentah untuk dianyam yaitu daun Gewang dan lontar yang dipakai untuk pembuatan produk Anyaman, yang mana hasil dari Anyaman ini sering digunakan masyarakat sebagai tempat sirih pinang, tempat Tisu, Taplak meja dan lain-lain.
Silfestra Rika Mones Selaku Ketua Kelompok PKK desa silawan menjelaskan bahwa Kegiatan PKK Desa silawan ini terbentuk dalam tiga kelompok kerja yaitu kelompok kerja Daur ulang sampah bekas, Tenunan dan Anyaman. dimana dari tiap kelompok kerja ini memproduksi hasil kelompoknya dan dipasarkan dipasar Batas Negara Mota’ain hingga ke tingkat kabupaten juga propinsi.
Kelompok PKK ini terbentuk sejak tahun 2013 yang dinaungi oleh Pemerintah Desa Silawan dan Pelatihannya dilakukan oleh Dinas Perindag Kabupaten Belu. Kelompok Ibu-ibu PKK sendiri berjumlah sekitar 50 orang lebih, dengan kegiatan rutinitas yang dilakukan tiap minggu tergantung dari jadwal yang ditentukan baik itu pertemuan dan pembahasan program kegiatan maupun pengerjaan Berupa Hasil Anyam, Sulam dan Tenunan kain atau disebut “Tais” oleh masyarakat Belu.
Dalam kesempatan yang sama oleh Dinas Perindag Kab.Belu akan Diberikannya Bantuan Alat Tenun Modern dan Bahan kelola kepada Kelompok PKK  Desa Silawan dalam menunjang kegiatan Ibu-ibu PKK di desa silawan sendiri, dan Berdasarkan yang disampaikan Dinas perindag  dari kegitan ini Akan memberikan pelatihan lanjut terhadap kelomok PKK di desa silawan diluar desa silawan.
Maka demi meningkatkan kegiatan Kelompok PKK ini, Harapan yang di sampaikan Ibu Sely Mones agar Pemerintah Desa Silawan dan Dinas Perindag Kabupaten Belu, selalu memberikan Materi tentang pentingnya kelompok kerja PKK mulai dari proses produksi, manajemen dan pemasaran. Agar melalui program ini dapat menciptakan peluang kerja bagi Ibu-ibu Desa silawan juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan Ekonomi keluarga melalui kerjasama pemerintah untuk selalu membimbing Ibu-ibu PKK Desa Silawan.
.
(Robert Suri) 
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan